Thursday, December 29, 2011

Cara Mudah untuk Menang

"Hidup adalah Kompetisi". Itulah perkataan banyak orang untuk menggambarkan bahwa untuk mendapatkan suatu tujuan pasti ada sebuah persaingan. Persaingan sangat kental dengan pertandingan yang nantinya menghasilkan seorang pemenang. Persaingan tersebut sebenarnya Rahmat Tuhan sebagai wujud keindahan hidup ini. Dengan persaingan tentu akan ada upaya untuk meningkatkan nilai diri untuk lebih baik lagi sehingga menjadi pemenang. Lalu bagaimana cara kita untuk menang dengan mudah di segala persaingan dan kompetisi?.

Sebagai makhluk yang dibekali dengan nafsu dan akal pikiran, manusia ditantang untuk dapat memakai kedua bekal tersebut dengan baik. Bila hanya nafsu yang diandalkan maka akan terjadi kerusakan moral maupun lingkungan sehingga bisa jadi cara untuk menang bila mengandalkan nafsu akan menghalalkan segala cara dan bertentangan dengan aturan yang ada. Oleh sebab itu diperlukan akal untuk mendampingi nafsu agar cara untuk menang selalu sesuai dengan aturan agama.

Aturan Agama itulah kunci menemukan cara mudah untuk menang karena sesungguhnya Tuhan telah memberikan jawabannya kepada kita. Lima kali sehari kita diperingatkan, bahkan sebanyak sepuluh kali. Peringatan itu ada di dalam lantunan Adzan. Dengarkan adzan secara hikmat, resapi maknanya. Begitu sangat indah adzan itu, "Hayya ‘Alash-Shalaah”…. “Hayya “Alal-Falaah” (Marilah kita Solat, Marilah Mendapatkan Kemenangan). Subhanallah tanpa sering kita sadari bahwa Tuhan begitu baik, begitu sayang kepada kita sampai kita diperingati terus menerus bagaimana caranya kita mencapai kemenangan. Caranya adalah dengan Sholat.

Ketika adzan berkumandang bisa jadi kita sedang sibuk. Ketika adzan berkumandang yang merupakan panggilan solat, panggilan dari Allah untuk mencapai kemenangan mungkin kita sedang :
  • Enaknya menikmati makan
  • Enaknya nonton di Bioskop
  • Enaknya kerja
  • Enaknya main di Mall
Begitu seringnya kita menunda panggilan Allah itu, begitu seringnya kita melewatkan cara termudah untuk mencapai kemenangan, mencapai kemakmuran. Luangkan waktu, luangkan pikiran kita dari 24 jam perjalanan hari ini hanya beberapa menit saja untuk berkomunikasi dengan Allah sehingga derajat kemenangan akan didapatkan.

Masih terus belajar, belajar dan belajar. Berlatih, berlatih dan berlatih agar adzan berkumandang kita sudah siap di depan sajadah.

Semoga Bermanfaat :)

No comments:

Post a Comment